Thursday, 15 December 2016

Tips Cara Makanan Bayi Pendamping ASI Terbaru

Berbicara masalah makanan bayi, maka tidak lepas pula dari minuman yg di konsumsi oleh si bayi. Adapun makanan pertama bayi yg baru lahir tiada lain yaitu ASI diperoleh selama kurang lebih 6 bulan yg biasanya dinamakan ASI eksklusif, dengan catatan akan dapat dinamakan ASI ekslusif seandainya ketika bayi lahir, makanan pertama dirasakan oleh “bibir mungil dan pencernaannya” hanya air susu ibu. Selain ASI seperti tetesan madu, tetesan air putih dan lain-lain, maka makna ASI eksklusif sdah memudar, akan tetapi tetap dianjurkan dan masih berkualitas tinggi hingga si bayi menuju usia 6 bulan bahkan tiba 2 tahun seandainya produksi ASI sang ibu masih tetap subur.

Adapun pentingnya makanan bayi usia 6 bulan, karena jumlah energi yg disediakan oleh ASI tidak akan dapat mencukupi kebutuhan energi sang bayi saat usia tersebut. Di situlah pentingnya makanan pendamping ASI yg merupakan makanan bayi ke dua menyertai pemberian ASI. Makanan pendamping ASI berfungsi untuk memperkenalkan kepada bayi secara bertahap dengan tanpa memberhentikan asupan utama yakni ASI. Pemberiannya akan dapat dilakukan secara bertahap berdasarkan jenis makanan, tekstur yg lembut kemudian semi padat, lalu makanan padat apabila si bayi telah tumbuh gigi. Jumlah porsi diberikan pun harus diawali dengan satu sendok, dua sendok, dan seterusnya. Awali pemberian sayuran, buah-buahan, air kaldu sapi atau air kaldu ayam sebagai campuran bubur bayi, hindari penambahan gula dan garam di usia 6 bulan dan sebagai gantinya, rasa manis diperoleh dari buah-buahan, sedangkan rasa asin didapat dari air kaldu.

Mengenai bubur bayi, kita akan dapat membaginya menjadi 3 macam yakni :
  1. Bubur buah, contohnya alpukat dilumatkan lalu ditambahkan ASI. Maka akan menghasikan kandungan vitamin E dan serat untuk si kecil.
  2. Bubur beras, contohnya bubur tepung beras putih tambah air kaldu ayam atau air kaldu sapi ditambah ASI
  3. Bubur sayuran yg dihaluskan atau di blender lalu diberi campuran ASI.
Berkaitan dengan makanan bayi, tentu tak lepas dengan produk-produk apa saja yg akan dapat di konsumsi sebagai makanan bayi. Adapun mengenai produk makanan bayi, secara garis besar terbagi menjadi 2 bagian.
  1. Produk makanan bayi yg bersifat alami, maksudnya bahan baku digunakan terbuat dari bahan alami seperti bubur tempe, bubur tahu dicampur dengan ASI, dan pembuatannya dilakukan secara manual oleh kita sendiri.
  2. Produk makanan bayi buatan pabrik, tersedia dengan berbagai merk yg ditawarkan kepada masyarakat. Misalnya produk bubur susu bayi dalam kemasan praktis tinggal seduh dengan air suam atau biskuit bayi yg juga diseduh atau dipegang oleh si bayi dan lain sebagainya. Tentunya produk makanan bayi inilah dibuat dengan mesin tanpa mengurangi nilai nutrisi dan kehigienisannya karena sdah melalui tahap uji di laboratorium. Sang ibu pun tidak terlalu repot dalam menyiapkan karena akan dapat langsung di konsumsi si bayi atau diseduh dengan air.
Salah satu makanan bayi yg sdah memasyarakat dan cukup luas dikenal ialah produk Milna. panjenengan akan dapat dapatkan di kalbestore.com. Produk dari Milna inilah tersedia dalam berbagai varian dan rasa. Banyak variasi rasa inilah ditujukan agar anak tidak mencoba bosan dan melatih indera perasa dalam membedakan satu rasa dengan lainnya, tentunya tanpa mengurangi nilai nutrisi yg terkandung di dalamnya. Produk Milna sangat cocok buat bayi panjenengan karena sangat aman tanpa mengandung bahan pengawet ataupun pemanis buatan di samping itulah harganya pun cukup terjangkau.


Makanan Bayi Pendamping ASI


Berdasarkan pengalaman dalam memberikan makanan pendamping ASI, aku dan istri selalu memilih Milna untuk makanan tambahan terbaik buat anak kami. Ketika anak kami berusia 6 bulan, Kami memberikan bubur Milna yg kandungan nutrisinya sangat penting untuk pertumbuhan anak Kami, baik untuk perkembangan otaknya, tulang dan gigi, saluran cerna maupun perkembangan tubuh secara keseluruhan. Rasa yg tersedia pun cukup beraneka diantaranya rasa cah daging ayam polong, sup ayam wortel labu dan juga tim hati ayam bayam. Selain bubur milna biasa, Kami juga pernah memberikan bubur milna penambah berat badan yg memang khusus untuk menambah berat badan. Kandungan asam amino essensial dan protein di dalamnya, mampu melaksanakan tugas untuk itu. Rasanya pun tidak kalah dengan varian bubur Milna original, ada rasa ayam bayam, ayam jagung, ayam sayur dan rasa original. Oh, ya dari ke dua produk tersebut, jangan salah pilih, karena ada Milna untuk bayi berusia 6 bulan dan 9 bulan.

Sebagai tambahan, jika kebetulan anak panjenengan mempunyai alergi makanan baik itulah alergi terhadap protein susu (kasein) atau protein gandum (gluten), maka pilihan yg tepat jika panjenengan mau memberikan bubur bayi ialah Milna Goodmill. Tersedia untuk bayi berumur 6 dan 9 bulan. Rasanya pun bervariasi, ada rasa ayam wortel, beras merah ayam, beras merah pisang dan wortel labu.

Untuk bayi yg sdah berumur 1 tahun ke atas, tersedia juga makanan tambahan dalam bentuk biskuit bayi dan juga puding bayi. Fungsinya pun banyak sekali diantaranya untuk perkembangan otak dan saluran cerna, pertumbuhan tulang, gigi serta mencegah anemia.

Demikianlah sekilas tentang makanan pendamping ASI semoga akan dapat membuka wawasan untuk para orang tua khususnya sang bunda dalam memelihara dan membuat jenis-jenis makanan untuk si buah hati yg baru menginjak usia 6 bulan sebagai langkah awal mengenal jenis-jenis makanan pendamping selain ASI.

No comments:

Post a Comment